Selasa, 26 November 2013

(TULISAN) 17. LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM NILAI PADA VB 6



17. LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM NILAI PADA VISUAL BASIC 6

1.      Buka program Visual Basic
2.      Pilih Standard EXE
Kita memilih Standard EXE karena Standard EXE dalam Visual Basic yaitu untuk membuat program-program yang sederhana, dengan komponen-komponen
yang standar. Memang standard exe ini sederhana tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user meskipun bukan administrator.
3.      Untuk mengganti warna background pada form, pilih Properties yang berada disebelah kanan form. Lalu pilih Back Color, selanjutnya pilih Palette dan pilih warna yang diinginkan.
-          Properties merupakan daftar properti-properti object yang sedang terpilih. Contohnya, kita dapat mengubah warna tulisan (foreground) dan warna latarbelakang (background). 
Misalnya seperti gambar dibawah ini




4.      Pilih Label pada ToolBox untuk membuat kolom UTS, UAS, RATA-RATA, KETERANGAN, GRADE.
-          Toolbox merupakan jendela yang sangat penting. Dari jendela ini kita dapat mengambil komponen-komponen atau object yang akan dibuat pada form untuk membentuk user interface. Letak ToolBox berada disamping kiri form.
-          Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
Jika sudah dibuat, akan seperti gambar berikut.



5.      Buat Label sebanyak 5.
-          Label yang pertama, ganti tulisan Label1 dengan UTS
-          Label yang kedua, ganti tulisan Label2 dengan UAS
-          Label yang ketiga, ganti tulisan Label3 dengan RATA-RATA
-          Label yang keempat, ganti tulisan Label4 dengan KETERANGAN
-          Label yang kelima, ganti tulisan Label5 dengan GRADE

Cara mengganti tulisan Label dengan tulisan yang akan dibuat, caranya yaitu lihat pada properties yang berada dikanan form. Pilih label yang akan diganti, pilih Caption, lalu hapus Label dan ganti dengan tulisan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika label tersebut ingin diberi warna agar lebih menarik, seperti biasa kita pilih properties lalu pilih back color dan pilih palette/system, pilih warna sesuai yang diinginkan. Jika sudah, pada label tersebut warnanya akan berubah sesuai warna yang kita pilih.

Berikut gambar Label yang sudah diganti tulisannya.



6.       Jika ingin mengganti warna tulisan agar lebih menarik, pilih ForeColor pada properties, lalu pilih warna sesuai yang diinginkan.
7.      Setelah itu, buat kolom untuk mengisi nilai menggunakan TextBox.
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.
8.      Buat TextBox sebanyak 2.


Textbox pertama, dibuat disamping Label1 dan sejajar dengan Label1 yaitu tulisan UTS.
Textbox kedua, dibuat disamping Label2 dan sejajar dengan Label2 yaitu tulisan UAS.
Pada textbox tersebut, hapus tulisan Text1 atau kosongkan. Cara menggantinya yaitu pilih properties lalu pilih text, dan hapus tulisan pada Text1.
Tulisan pada textbox dihapus karena pada saat diPlay, baru dimasukkan angka atau nilai yang akan dikerjakan.
Untuk mengganti warna pada textbox, caranya sama saja dengan mengganti warna Label yang sudah dijelaskan diatas.

Berikut gambar yang sudah dibuat dengan textbox dan diedit


9.      Selanjutnya, buat Label lagi untuk hasil nilai atau outputnya. Buat label sebanyak 3. Tapi label tersebut akan menjadi Label ke 6, 7, dan 8. Karena sebelumnya kita sudah membuat Label sebanyak 5.
Label yang keenam dibuat disamping Label 3 atau Rata-Rata.
Label yang ketujuh dibuat disamping Label 4 atau Keterangan.
Label yang kedelapan dibuat disamping Label 5 atau Grade.
Label tersebut dibuat dengan sejajar.
Setelah Label 6, 7, dan 8 dibuat, kosongkan atau hapus tulisan yang ada didalam kolom Label tersebut. Karena nanti akan terisi pada saat program dijalankan.

Berikut gambarnya yang belum diganti tulisannya


Berikut yang sudah diganti


10.  Setelah itu, buat kolom menggunakan CommandButton sebanyak 2.
CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
Buat CommandButton disamping Label 6 dan CommandButton selanjutnya dibuat disamping Label 7.
Ganti tulisan Command1 dengan tulisan PROSES. Karena command tersebut yang akan melakukan proses programnya. Ganti tulisan command1 dengan tulisan Proses. Caranya lihat pada properties lalu pilih caption, dan ganti tulisan tersebut.
Setelah command1 diganti, lalu ganti juga tulisan pada command2. Yaitu dengan cara klik pada kolom commandbutton ke2, pilih properties, pilih caption, lalu ganti tulisan command2 dengan Hapus.
Hapus pada command ke2 yaitu untuk menghapus nilai-nilai yang sudah dijalankan atau yang sudah dibuat.

Berikut gambarnya yang belum diedit


Berikut gambar yang sudah diedit


11.  Jika sudah dibuat semua, selanjutnya masukkan kodingannya.
Yaitu klik dua kali pada kolom PROSES, jika sudah dimasukan kodingan untuk kolom proses dan sudah mengakhirinya, selanjutnya masukan kodingan untuk kolom Hapus.
Masukan kodingan seperti gambar dibawah ini



12.  Pada kodingan diatas, berarti:
Jika nilainya < 50 maka output pada keterangan akan muncul ANDA GAGAL
Jika nilainya > 50 maka output pada kolom keterangan akan muncul  LULUS
Jika nilainya >= 80 maka outputnya akan diperoleh LULUS dan masuk ke Grade A
Jika nilainya >= 70 maka outputnya akan diperoleh LULUS dan masuk ke Grade B
Jika nilainya >= 60 maka outputnya akan diperoleh LULUS dan masuk ke Grade C
Jika nilainya < 60 maka outputnya akan diperoleh LULUS dan masuk ke Grade D
13.  Setelah diberi kodingan, klik Play yang ada pada Toolbar. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.



Selanjutnya, masukan nilai pada kolom yang disampin UTS. Misalnya 90.
Dan masukan nilai pada kolom yang disamping UAS. Misalnya 90.


Setelah itu, klik PROSES. Maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini.


14.   Hasil diatas output pada kolom Keterangan yaitu LULUS. Karena nilai UTS dan UAS nya 90 maka diperoleh rata-ratanya 90 juga. Jadi, 90 adalah masuk ke Grade A. Karena pada kodingan tertera
Case Is >= 80
Label8.Caption = “A”
Maka 90 adalah termasuk nilai yang lebih besar dari 80, maka dari itu contoh diatas pada Grade cetak “A”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar