Salah satu mata kuliah Program
Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran
Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2
kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus.
Persiapan Umum meliputi Kajian dan
Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif
dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan
pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa
belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian
pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan
Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran
matematika dikelas.
Persiapan Khusus dimulai dengan
analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi,
Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar
Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khusus pada akhirnya
menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada
persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa
skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup),
Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode
(Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan
Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT).
Baik Persiapan Umum maupun Persiapan
Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser
paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke
pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru
dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting.
Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak
hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori
atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat
dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi
ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan
pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang
dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.
SUMBER : http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/perencanaan-pembelajaran-matematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar